Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar (1)


Hmmm pas pertamax pengen posting kepikiran, gmana si cara mengelola perpustakaan ? Khususnya untuk perpustakaan sekolah dasar (SD) yang masih sederhana dan kurang akan sarana yang memadai seperti mesin otomasi komputer dengan software pengelola database yang canggih yang biasa terdapat pada perpustakaan-perpustakaan besar seperti perpustakaan nasional maupun perpustakaan ditingkat perguruan tinggi ???

So setelah banyak informasi dikumpulkan kemudian saya bagikan hasilnya di blog saya ini, hal-hal yang cukup banyak menyita waktu adalah dalam proses pendataan buku yang akan kita kelola namun begitu jika dilakukan dengan easy going insya alloh gampang kok !

Oke tahapan pertama mengelola perpustakaan adalah dengan membuat kelengkapan administrasi yang nantinya berfungsi sebagai sarana pembantu dalam melakukan tugas sebagai seorang pustakawan.

Hal terpenting yang harus dibuat seorang pustakawan untuk pertama kali adalah dengan membuat Buku Induk, Buku Induk 2 (Buku Pengolahan), Buku Pengunjung, Buku Peminjam, Buku Prosentase Pengunjung, Buku Prosentase Buku yang dipinjam, Buku Tamu, Buku Surat Keluar Perpustakaan, Buku Surat Masuk Perpustakaan, Buku Pembinaan serta Buku Daftar Hadir Pustakawan.

Tahapan Kedua adalah dengan membuat Kartu Anggota, Kartu Pengurus Perpustakaan, Kartu Peminjam, Kartu Buku, Kantong Kartu Buku. Label Buku dan Kartu Katalog Buku akan dibuat menyusul setelah pengolahan tahap pertama selesai.

Tahap Ketiga adalah dengan memberi stampel Perpustakaan pada lembar halaman setelah cover (halaman judul), kelipatan 10 serta pada halaman akhir buku. Pada halaman judul buku disertakan pula stampel tanda tanggal penerimaan buku, asal buku, harga, dan paraf petugas.


Tahap Keempat adalah memasukkan data buku (Judul Buku, Penerbit, Tahun Terbit, Penulis, ISBN dan lain-lain ) ke dalam Buku Induk dan Buku Induk Pengolahan. Pada tahap ini kita juga harus menentukan DDC dari sebuah buku yang nantinya akan kita gunakan untuk menempatkan buku berdasarkan klasifikasinya.


Tahap Kelima adalah dengan memberi label pada buku yang memuat informasi mengenai buku tersebut yaitu DDC, tiga kata pertama nama penulis buku, satu huruf pertama yang mewakili judul buku dan cetakan banyaknya buku yang ada dalam satu judul buku. Label buku direkatkan pada punggung buku dengan ukuran 2,5 Cm dari bawah punggung buku, label ini biasanya berukuran 3,5 x 5 Cm.

Sekian penjelasan mengenai cara mengelola perpustakaan sekolah dasar 1, jika ada waktu dan kesempatan insya alloh akan saya lanjutkan ke bagian 2 semoga membantu . . .

1 comments:

ken tong said...

<= honorer SDN 1 Plunturan, kec.Pulung. kab.Ponorogo

Post a Comment